Kamis, 10 Oktober 2019

5 Konglomerat Terkaya yang Jadi Pemilik Klub Liga Inggris



Sebagian tahun ke belakang, Liga Inggris jadi komoditi luar awam bagi pengusaha dengan uang tidak berseri. Para pengusaha hal yang demikian tidak segan menggelontorkan dana jor-joran mengingat sekarang persaingan terpanas di tanah Britania Raya hal yang demikian jadi yang paling disorot di dunia.
Mencuatnya Liga Inggris diawali semenjak tahun 2003, Roman Abramovich kala itu mengakuisisi Chelsea dan mewujudkan klub asal London Barat hal yang demikian sebagai salah satu yang mendominasi Liga Inggris. Sebagian tahun kemudian, giliran Syekh Mansour bin Zayed Al Nahyan yang membikin Manchester City jadi tenaga baru di dunia.
Bertabur bintang kelas dunia, Liga Inggris bahkan jadi persaingan yang paling banyak didatangi pemberi modal. Pasalnya, dari hak siar dalam negeri dan internasional, penghasilan Liga Inggris menempuh 2,4 miliar poundsterling atau berimbang dengan Rp 18,5 triliun rupiah pada musim 2016/17.
Berangkat dari sana, sesungguhnya banyak pemberi modal kaya yang mendanai klub di Liga Inggris. Melainkan, di antara semuanya, ada lima konglomerat terkaya yang jadi ‘sugar daddy’ klub bertanding di salah satu liga paling sengit di dunia dikala ini, berikut kelima nama hal yang demikian.
1. Joe Lewis, Tottenham Hotspur
Hobi mengoleksi karya seni, Joseph ‘Joe’ Lewis adalah pengusaha asal Inggris pemilik Tottenham Hotspur. Kekayaan Lewis menempuh 4,5 miliar poundsterling atau berimbang Rp 83 triliun. Lewis yang membatasi saham terbesar Spurs bahkan menunjuk Daniel Levy sebagai bos klub asal London Utara dikala ini.
Pria di balik suksesnya Spurs ini menjalani hidupnya sehari-hari di Bahamas. Stadion baru bahkan tengah dijadikan dan rencananya akan dibuka pada Oktober nanti. Tidak cuma jadi markas Spurs, stadion baru yang disebut bakal menambah kekayaan Lewis, nantinya akan dimaksudkan untuk lomba musim panas NFL.
2. Shahid Khan, Fulham
Tentu menjadi isu bagus bagi Shahid Khan, pemilik Fulham, sebab timnya berhasil promosi dari Divisi Championship alias kasta kedua Liga Inggris. Investasi besarnya mendatangkan pemain seperti Mitrovic, membikin ‘The Cottagers’ musim lalu berhasil menempati posisi ketiga. Berebut karcis untuk promosi, Aston Villa bahkan berhasil mereka taklukkan.
Pengusaha kelahiran Pakistan yang sekarang beralamat di Amerika Serikat hal yang demikian, dikenal mempunyai usaha spare part kendaraan bermotor skala besar. Tidak cuma Fulham, di Amerika, Shahid Khan juga menjadi pemilik regu NFL bernama Jacksonville Jaguars. Sampai sekarang, jumlah kekayaan pengusaha berusia 68 tahun hal yang demikian menempuh 5,43 miliar poundsterling/Rp 100,3 triliun.
3. Stan Kroenke, Arsenal
Sesudah membeli keseluruhan saham Arsenal, Stan Kroenke bahkan sah menjadi pemilik tunggal klub asal London Utara hal yang demikian. Kecuali Arsenal, Kroenke juga punya klub lain, seperti Denver Nuggets (NBA), Colorado Avalanche (NHL), Colorado Rapids (MLS), Colorado Mammoth (National Lacrosse League), dan Los Angeles Rams (NFL).
Walau termapan ketiga di Liga Inggris, dengan sempurna kekayaan menempuh 6,26 miliar poundsterling atau berimbang Rp 115,7 triliun, Kroenke konsisten jadi sosok yang dibenci fans Arsenal. Pasalnya, pemberi modal Amerika Serikat hal yang demikian diukur mewujudkan ‘The Gunners’ sebagai ladang uangnya saja. Malah, tidak seperti pemilik lain, Kroenke tak pernah keluarkan dana untuk Arsenal.
4. Roman Abramovich, Chelsea
Membeli Chelsea tahun 2003 silam, Roman Abramovich langsung jadi salah satu sosok paling penting di Liga Inggris. Merekrut Jose Mourinho kala itu, adalah permulaan perjalanan Chelsea sebagai salah satu regu tersukses di era Liga Primer. Investasi besar bahkan dijalankan Abramovich yang sekarang telah berbuah hasil.
Semenjak bersama taipan asal Rusia hal yang demikian, tidak ada persaingan yang belum dimenangi ‘The Blues’. Sempurna 17 gelar telah disampaikan Chelsea semenjak 2003, dengan Liga Champions pertama musim 2011/12 yang paling jadi sorotan. Sekarang, kekayaan pemilik ‘The Blues’ sudah menempuh 7,3 miliar poundsterling atau berimbang Rp 134,87 triliun. Angka hal yang demikian menjadikannya pemilik klub terkaya kedua di Liga Inggris.
5. Syekh Mansour, Manchester City
Semenjak diakuisisi pengusaha asal Abu Dhabi, Mansour bin Zayed bin Sultan bin Zayed bin Khalifa Al Nahyan atau akrab disapa Syekh Mansour, Manchester City berhasil jadi salah satu klub yang paling disegani di dunia. Sempurna sembilan gelar telah masuk dalam lemari trofi City semenjak dirinya jadi orang nomor satu di klub.
Pengusaha minyak yang masih termasuk dalam keluarga penguasa Abu Dhabi hal yang demikian adalah pemilik klub terkaya di Liga Inggris. Padahal tidak tahu pasti jumlah kekayaan Syekh Mansour, melainkan diperkirakan angkanya menempuh 20 miliar poundsterling atau berimbang Rp 369,5 triliun.
Dengan kekayaan hal yang demikian, tidak heran jika setiap tahunnya City dapat menambah amunisi kelas dunia. Malah, menunjuk manajer sekaliber Pep Guardiola bahkan bukanlah sebuah kesusahan. Kecuali itu, melalui City Football Group, Mansour juga punya klub MLS, New York FC.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar