Kamis, 31 Oktober 2019

Tipe-macam Isu



Wartawan pasti telah tahu macam-macam isu. Namun rupanya pembaca blog ini bukan cuma wartawan atau orang-orang media. Sebuah email dari pelajar SMA, bertanya perihal macam-macam isu. Dari nada pertanyaannya, aku mengira si pengirim email sepertinya telah tahu macam-macam isu, tetapi dia mengharapkan perbandingan. Itu tentu baik. Simak pertanyaannya: Pak, hakekatnya apa saja macam-macam isu?


Berikut diterangkan macam-macam atau variasi-variasi isu:

1. Isu Segera (straight news)
Dalam dunia jurnalistik, isu seketika lebih diketahui dengan istilah straight news. Lazimnya isu ini diperkenalkan ringkas, seketika, lugas dan konsentrasi. Isinya ialah fakta atau data momen yang sedang hangat di masyarakat. Isu seketika seringkali dimuat di halaman utama suratkabar sebab sifatnya yang aktual dan informatif.  Isu seketika ini juga terdiri dari dua variasi, merupakan hard news (isu berat) dan soft news (isu ringan).

Hard news yakni momen berat dan tak menyenangkan, contohnya isu petaka, perang, penghilangan nyawa orang lain (atau momen kriminal lainnya), isu anjloknya rupiah, kerusuhan, kecelakaan dan lain-lain. Meskipun soft news yakni isu ringan, renyah, dan menyenangkan. Semisal isu hiburan, pertunjukan seni, lifestyle (gaya hidup), fashion, dan lainnya.

2. Isu Opini (opinion news)
Opini tak sama dengan isu opini. Isu opini atau opinion news yakni isu yang bersumber dari anggapan atau opini orang lain perihal suatu momen. Semisal di suatu tempat marak terjadi sirkulasi narkoba, karenanya timbul isu: Pemerintah Diukur Tidak Serius Berantas Narkoba. Isu ini ditulis menurut anggapan ahli dan oleh sebab itulah disebut isu opini. Beberapa orang menyebut isu ini sebagai talking news (isu sanggup-sanggup). Opini tidak termasuk macam isu, sedangkan konsisten disebut karya jurnalitik.


3. Isu Interpretasi (interpretative news)

Isu ini ialah pengembangan dari isu seketika, tetapi dilengkapi dengan kabar-kabar pendorong seperti komentar pengamat, spesialis, akademisi, atau praktisi. Juga dilengkapi data tambahan dan latar belakang dilema. Sebagai teladan, isu banjir dilengkapi dengan komentar ahli tata ruang atau spesialis planalogi. Data frekuensi juga sering kali ditambahkan, contohnya selama setahun, berapa kali tempat itu dilanda banjir, sehingga tersaji secara mendetail dan lebih komplit.

4. Isu Mendalam (depth news)
Isu mendalam yakni isu yang dimaksimalkan secara lebih mendalam dari sebuah momen. Dalam isu macam ini, elemen ‘how (bagaimana)’ dan ‘why (kenapa)’, umumnya lebih banyak ditonjolkan, sehingga di dalamnya terkandung kabar kenapa momen sebuah momen terjadi, bagaimana pengerjaan terjadinya, bagaimana pengaruhnya, dan apa yang wajib dijalankan di masa-masa medatang supaya momen serupa tak terulang. Isu depth news umumnya bertujuan mengupas tuntas suatu dilema. Kadang-kadang, isu ini disebut juga liputan khusus.

5. Isu Investigasi (investigative news)

Isu investigasi ditulis menurut penelusuran suatu momen. Data-data umumnya dicari atau didapatkan dari bermacam-macam sumber yang kompeten. Isu ini umumnya berhubungan dengan upaya wartawan menngbongkar kekeliruan atau penyelewengan yang merugikan kepentingan publik. Semisal, isu perihal penyelidikan praktek korupsi di sebuah instansi, isu perihal sirkulasi narkoba di kalangan pelajar. Intinya, isu macam ini berusaha membongkar hal-hal tersembunyi dari sebuah situasi yang merugikan masyarakat. Dalam menjalankan liputan ini, wartawan kadang-kadang wajib bertingkah serupa intel.

Demikian resume aku soal macam-macam isu. Tentu saja macam di atas yakni macam isu menurut perspektif jurnalistik. Apabila dibahas lebih jauh, pengelompokan macam isu dapat berbeda-beda sedangkan substansinya konsisten sama. Sebagai teladan, interpretative news, depth news, investigative news, oleh beberapa orang disebut juga reportase.

Dalam persperktif lain, macam-macam isu tentu amat banyak. Menurut macam medianya, macam isu dapat diklasifikasikan jadi isu koran, isu Kaca, isu majalah, isu radio, dan lainnya. Sebagainya dsb tema, macam isu juga dapat disebut isu olahraga, isu ekonomi, isu politik, isu informasi, isu informasi, dan lainnya. Namun namun, macam-macam isu yang disepakati yakni macam isu menurut perspektif jurnalistik. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar